15 Okt 2017

Story time #13 - Interview kerja




Akhir-akhir ini saya lagi di banjiri oleh kegiatan  dalam kehidupan saya yang sepertinya bisa saya bagikan ke temen-temen semua, salah satunya adalah ketika saya dapet panggilan untuk mengikuti sebuah interview kerja, memang cari kerja di jaman sekarang itu susah banget dimana banyak banget pesaing diluar sana yang tingkat kecerdasaannya udah di atas rata-rata, level pendidikanya pun udah tinggi banget, apalagi sekarang standart untuk melamar juga semakin tinggi, pokoknya cari kerja tuh gak semudah membalikan telapak tangan kayak lagi main “Hom Pim Pa” deh.

Kita dituntut untuk punya jenjang pendidikan yang tinggi yah minimal S1, punya pengalaman kerja lebih dari 1tahun. Semua butuh proses gak cuma 2 syarat di atas yang saya bilang tadi kadang kita para calon pelamar kerja dituntut untuk bikin circullum vitae (CV) yang semenarik mungkin agar perusahaan yang kita lamar bisa tertarik dengan kita.

Sebagia anak muda yang punya cita-cita tinggi dari punya kerjaan yang sesuai passion , punya kerjaan yang tempatnya super eunak banget,punya teman kerja yang bisa di ajak kerjasama  dan yang penting penghasilannya super gede bingit dan  lain-lain pokoknya yang enak-enak deh, tapi semua itu gak mudah. Jadi minggu lalu itu saya mencoba cari peluang untuk cari kerjaan lain yang sebenarnya dengan tujuan agar punya pengahasilan yang lebih besar dari sekarang dan pastinya tempat kerja yang bisa mengasah kekreatifan otak saya ini yang sudah jenuh dengan pekerjaan yang saya milki maaf bukannya saya gak bersyukur dengan pekerjaan saya,cuma kita sebagai manusia pasti ada titik jenuh yang bisa kapan saja datang tanpa diminta.

Setelah saya kirim berkas surat lamaran berserta kelengkapan, beberapa hari kemudian saya pun di contact oleh sang managing director dari tempat dimana saya melamar,sungguh dari sekian banyak lowongan yang sudah saya apply, saya gak pernah dapet panggilan untuk interview secepat ini , bahkan sering banget saya gak dikabari oleh perusahaan dimana saya apply lowongan tersebut, rasanya sedih banget, kadang suka berpikir sama diri sendiri kurang apa sih gw sebenarnya sampai gak di calling-calling. Ehh tapi kali ini sungguh prosesnya cepet banget sih beberapa hari kirim langsung dapet callingan interview mungkin ini lagi rejekinya

Hari H interview pun datang, saya memutuskan untuk cuti satu hari dari kerjaan saya sekarang untuk mengikuti interview itu.Saya pun sungguh excited sekaligus deg-degan ya, soalnya udah lama banget gak ngerasain interview lagi setelah berkerja di perusahaan sekarang yang saya tempati. Sebelum hari H datang saya banyak-banyak browsing mengenai bagaimana menjawab pertanyaan yang baik saat di interview dan pertanyaan apa saja sih yang di tanyakan pada saat interview. Saya sampai mencatat setiap pertanyaan penting dalam selembar kertas untuk saya hafalkan ketilka pas ditanya dengan petanyaan “A” saya akan jawab seperti ini, tapiii sayang pas hari H dan ketemu oleh bagian yang akan menginterview saya, semua itu pu langsung buyar, Jeng Jeng Jeng saya pun langsung gugup ditambah sang penanya lebih banyak menanyakan ke saya menggunakan bahasa inggris, duhh semakin buyar deh, memang bahasa inggris saya kurang baik tapi saya mencoba mencerna apa yang di tanyakan oleh beliau dan saya jawab dengan baik walaupun menggunakan bahasa Indonesia ya, sorry sir I love bahasa hehehe #alasanbelaka. Nah dibawah ini adalah beberapa pernyataan yang ditayakan kepada saya sewaktu interview kemarin, sunguh saya bukan seorang yang ahli dalam dunia interview kerja, Cuma mau sharing pengalaman aja sih sama temen-temen siapa tau bisa membantu, untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca buku tentang interview kerja yang baik atau browsing-browsing, oke let’s start.

1.Perkenalan diri

Yang pertanya yang ditanyakan  dan sebagia awal pembuka interview di mulai adalah tentang perkenalan diri, kemarin saya di suruh menjelaskan tentang diri saya dari mulai nama, umur, kerjaan,kegiatan, hobi dan sebagianya, pokonya menceritakan tentang diri saya deh.
 
2.Pekerjaan yang kamu lamar dibagian apa dan alasannya kenapa ?

Saya ditanya tentang perkerjaan yang saya lama dan alasannya kenapa saya lamar. Pada saat itu saya melamar di bagian Admin, kenapa karena cuma itu persyaratan yang cocok dengan saya, selain itu dari ya realistisnya adalah pengen punya penghasilan yang lebih dari pekerjaan lama saya dan punya suasana baru. tapi kalau kalian punya jawaban lain silahkan aja sih, semua jawaban tergantung  tujuan kamu melamar pada perusahaan itu.

3.Alasan kenapa pengen pindah kerja ?
 
Kamu bisa jelaskan kenapa pengen pindah kerja kepada si penanya, kalau saya jawabannya sama seperti pertanyaan nomor 2, yang realistis ya saya pengen mencari pengasilan yang lebih siapa tau di perusahaan ini bisa memberikan saya pendapatan lebih dari yang saya dapatkan di kerjaan yang saya jalani sekarang, punya suasan baru dimana orang-orangnya bisa memberikan saya semangat baru untuk terus berkembang, gak stuck di tempat.



4.Kerja individu atau kelompok ?

Nah ini adalah pertanyaan yang selalu muncul ketika saya baca di beberapa blog tentang interview yang baik, dan bener aja keluar pas lagi interview. Jawabannya bisa tegantung dengan pekerjaan itu sendiri jika memang kerjaanya bisa di kerjakan sendiri ya kerja secara individu tapi kalo memang kerjaannya bener-bener mengharuskan kita untuk berkerja sama dengan teman kerja kenapa tidak dilakukan dengan bareng-bareng.

5. Kelemahan dan kelebihan yang kamu punya ?

Nah di bagian ini kamu bisa jelasin deh tentang kelemahan kamu apa trus kelebihan kamu tuh apa, kayak misalnya kelemahan kamu tuh pelupa atau tukang tidur, trus kalo kelebihan misalkan kamu jago bahasa inggris dengan baik atau kamu tuh jujur,pekerja keras kamu bisa jelasin itu semua ke si penanya asal kamu jawabnya jangan berlebih ya di bagian tentang kelebihan atau kelemanhan nanti disangka lebay lagi hihihi.

6. Cara mengatasi kelemahan pada diri dan cara diri agar tidak stress dengan kerjaan ?

Wah pertanyaan ini juga di tanyakan kesaya loh pada saat saya interview kemarin, berhubung kelemahan saya itu suka pelupa ya cara mengatasinya dengan membuat list pekerjaan yang akan saya lakukan dihari ini misalnya, dan untuk biar gak stress dengan kerjaan kamu bisa menjawab melakukan hal-hal yang kamu suka kalau saya menjawab “Me time” dengan skincare yang saya lakukan di pagi hari dan malam hari atau saya menulis di blog saya. Semua jawaban itu sebenarnya kembali ke cara kamu mengatasi nya gimana, karena setiap orang pasti punya cara yang berbeda untuk mengatasi hal-hal tersebut.

7. Mengenai gaji / pengsasilan yang di inginkan.

Kalo gak salah ini pertanyaan terakhir yang ditanyakan sebelum sesi interview selesai.Kalo soal gaji saya juga bingung sih maunya berapa yang pasti gede aja hihi, tapi kemarin saya pas jawab tidak langsung bilang nominal yang di ingginkan , saya cuma jawab “ saya tahu perusahaan ini punya kebaikan yang tak terhingga untuk karyawanya, pasti gaji yang di berikan pun tidak akan mengecewakan”  tapi setelah jawab seperti ini mereka langsung menanyakan nominal yang diinginkan nah baru deh tuh saya jawab nominal yang saya mau. Jadi kalau bisa sih jangan sebut nominal angka dulu deh agar mereka juga gak langsung kaget-kaget banget dengan pendapatan yang kita mau, yah basa-basi dulu lah baru ujungnya di selipin nominal angka gaji yang kamu mau.

Nah itu dia 7pertanyaan yang ditanyakan kepada saya dari sekian banyak pertanyaan , saya hanya ambil point-point pentingnya aja agar antinya pas di interview bisa menjawab dengan sebaik mungkin. Oke sekali lagi saya bukan yang ahli dalam dunia interview kerja, hanya saya ingin membagi kisah saya tentang pengalaman saya di interview minggu lalu, tidak semua interview yang saya lakukan langsung diterima, adakalanya gagal tapi kita gak boleh pantang menyerah tetap semangat walaupun di tolak, anggap saja itu bukan rejeki nya , percayalah bahwa tuhan selalu punya rencana baik untuk umatnya.


Semangat.

Thanks for reading.





Xoxo
Gita Amalia 💋


 Pic : from pinterst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar