6 Okt 2017

Story time #12 : CPNS Kemenkumhan 2017




Tahun 2017, penerimaan calon pegawai negeri sipil di buka kembali di bulan agustus lalu. Ya memang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) adalah pekerjaan yang di damba-dambakan oleh seluruh warga negara Indonesia, menjadi pegawai negeri sipil memang bisa menjamin kehidupan yang lebih baik untuk kedepannya makanya dari itu banyak banget minat masyarakat Indonesia mengikuti lowongan tersebut salah satunya adalah saya hihihi. CPNS tahun ini di buka oleh Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia melalu Badan Kepegawaian Nasional, Lowongan dibuka selama 1bulan dari tanggal 1 – 30 Agusus lalu, saya pun ikut melamar, dengan penuh excited saya mempersiapkan berkas-berkas untuk mengikuti lowongan tersebut dari mulai bikin surat lamaran,surat pernyataan ,fotokopi ijazah dan lain-lainnya, oh iya saya dapet info tentang lowongan ini dari kaka saya yang kebetulan dia seorang PNS yang dulu tahun 2015 ikut lowongan CPNS dan di nyatakan lulus, suer kaka saya itu beneran cuma coba-coba loh bener-bener gak ada niat atau cita-cita tapi emang dasar rejeki orang beda-beda ya ehh akhirnya dia lulus dan sekarang udah resmi jadi PNS. Prosesnya pelamaran pun panjang banget, dari mulai kirim berkas hingga nunggu pengumunan kelulusan administrasi yang cukup menguras waktu banget nget akibat server mereka yang sering banget DOWN.

Setelah dinyatakan lulus verifikasi berkas administrasi tanggal 11 september 2017 lalu waktu nya untuk menunggu penguman selanjutnya yaitu pengumunan kelulusan untuk verifikasi berkas asli, jadi verifikasi berkas gak cuma sekali aja pas kita kirim melalui kantor pos tapi kita wajib untuk mengikuti verifikasi berkas asli yang mana saya harus pergi ke kota SERANG,,, wahh udah bingung aja deh masalahnya saya belum pernah sama sekali pergi ke serang, gak tau juga harus naik bis apa kesananya bingung juga lokasinya dimana, bener-bener buta banget deh sama kota SERANG, ehh untungnya  sekitar 1minggu sebelumnya jadwal verifikasi berkas asli, saya ketemu temen yang sekaligus tetangga saya,yang saya tuh jarang banget ketemu temen saya ini udah lama banget malah hahah akhirnya di pertemukan di angkot dan dia cerita kalo dia juga ikut CPNS , Alhamdulillah akhirnya ada barengan untuk ngurus CPNS juga. 

Tiba hari H dimana saya harus menuju kota Serang untuk verifikasi berkas asli berangkat dari rumah sekitar jam 9 dan saya sampai di kota sering sekitar jam 11, datang lebih cepat dari jadwal verifikasih, oh ya jadi untuk verifikasi dalam 1hari itu dibagi sekitar 3-4 sesi dimana jamnya itu beda-beda dan saya dapet yang jam 1siang, tapi eng ing engggg akibat server dari CPSN itu DOWN saya kembali menunggu dan menunggu hampir sekitar 3jam saya menunggu dan server tak kunjung membaik, akhirnya panitia CPNS provinsi Banten memutuskan untuk verifikasi secara manual dan dinyatakan lulus untuk mengikuti ujian.

suasana menunggu sebelum ujian di mulai

Panitia menyiapkan 2layar tv untuk tahu siapa saja yang lolos
Dan untuk proses ikut ujian gak gampang broo,akibar verifikasi yang secara manual itu kartu ujian gak bisa langsung saya dapatkan saya harus kembali lagi ke kota Serang, dengan lokasi yang berbeda dari kemarin verifikasi dan pake acara nyasar segala yang mengharuskan saya dan teman saya jalan kaki dari alun-alun kota serang hingga ke kantor wilayah Kemenkumham banten, yah sekitar 20menit jalan dibawah sinar matahari yang lagi super duper terik,wahh suer deh rasanya lelah banget,menguras tenaga dan dompet  shayyy,hihihi yah tapi gak boleh menyerah dong, kalo mau hidup enak yah butuh perjuangan dari NOL yaaa.

Tepat tanggal 28 september 2017 kemarin akhirnya saya mengikuti ujian (saya kembali cuti kerja , ohh ya enak banget dah cuti kerja walaupun Cuma sehari doang), saya dapet ujian di sesi ke 5 yang mana di jadwaknya itu jam 3sore tapiiii lagi dan lagi waktu molor dari jadwal yag sudah di tentukan , menunggu selama 2jam shayyy, sungguh untung hati saya udah biasa menunggu kamu #ehhh hahah, jadi yah di nikmati aja ya, ngobrol-ngobrol sama teman sesama pejuang CPNS jadi bikin lupa waktu, sampai tiba jam 5 di umumkan bahwa sesi 5 di persilahkan masuk ke ruang ujian.Ujian tahap awal ini atau disebut seleksi Kompetensi Dasar ini menggunakan sistem computer atau di bilang CAT (Computer Assisted Test) jadi mengungkinkan adanya kecurangan dalam penerimaan CPNS ini sangat kecil. Soal ujian sendiri ada 100soal yang terdiri tentang kewarganegaraan(TWK ), Intelegen (TIU) dan kepekaan atau kreatifitas (TKP) dan setiap materi itu memilki passing grade untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya waktunya sekitar 90menit dimana setiap materi kayak TWK memiliki passing garde 75, TIU 80 dan TKP 143,  jadi pas ujian kita tidak di perkenankan menggunakan perhiasan,jam tangan dan membawa handphone semua barang-barang disimpan di tempat yang udah di sediakan, dalam satu sesi ujian itu sekitar ada 200 atau 300orang. Untuk soalnya sendiri menurut saya cukup susah-gampang dan membingungkan, ada beberapa soal yang saya jawab dengan itu kancing haha beneran deh saking udah mentok banget gak bisa jawab akhinya itung kancing pun di lakukan dari pada gak saya jawab sama sekali hihi.

Akhirnya setelah 90menit ujian pun selesai, hasil pun ujian  pun keluar pas kita “close” sistem ujian di computer itu dan eng ing eng saya dinyatakan “TIDAK LULUS” hihihi bener-bener deh saya cuma bisa ketawa meskipun dalam hati sedih ya pas liat hasilnya nilai saya tidak memenuhi passing grade yang telah di tentukan. Tapi lucunya adalah semua orang yang ikut ujian sama saya bener-bener gak menunjukan rasa sedih,mereka pada ketawa geli gitu Karena kita udah pada tahu kalo di sesi-sesi sebelumnya yang lulus hanya sedikit bahkan dari 300 yang lulus hanya 15orang lah, 9orang lah, bener-bener gak ada yang satu sesi lulus semua. Meskipun gak lulus tapi saya dan temen-temen yang berjuang ikut CPNS dan dinyatakan gak lulus tetep berlapang dada menerima itu semua yang penting kita udah mau mencoba, mau berusaha walaupun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Memang rejeki sudah ditentukan oleh Allah Swt, tuhan sudah menyiapkan yang paling baik dari yang baik untuk kita kedepannya, jadi jangan patah semangat walaupun gak diterima jadi PNS masih da kesempatan di tahun-tahun berikutnya untuk kalian yanh ingin jadi Penagawai Negeri Sipil (PNS) dan  kita juga  wajib terus berusaha terus berkarya untuk mengejar cita-cita dan impian kita untuk kehidupan yang lebih baik.

Jangan Patah Semangat terus berjuang 

Thanks for reading.




Xoxo
Gita Amalia  💋

Tidak ada komentar:

Posting Komentar