25 Okt 2016

Story Time #6 : Belajar Menabung

Kalau kalian suka mengikuti salah satu blogger Indonesia yaitu Alodita pasti kalian pernah baca tentang cara ka Alodita mengelola keuangan keluarganya  kan, Nah cerita  beliau membuat saya terinspirasi untuk belajar mengelola keuangan apalagi untuk saya yang sudah punya penghasilan sendiri dan segudang pegeluaran yang kadang suka melebihi pemasukan. (Untuk cerita kali ini , saya tidak bermaksud untuk mengcopy paste cerita dari blognya ka Alodita, hanya saja saya terinspirasi oleh cerita dan tipsnya yang sedang saya ikuti, dan saya bagi cerita ini supaya bagi kalian yang punya masalah seperti saya bisa terbantu, untuk cerita lebih jelasnya kalian bisa visit websitenya ka Andra Alodita di sini ).

Jadi sekitar 2bulan lalu, ada seorang agen asuransi dari salah satu perusahaan asuransi besar di  indonesia mendatangi kantor saya kebetulan beliau mau mengunjungi salah satu nasabahnya yang kebetulan lagi nasabahanya adalah teman saya, sebenarnya saya sudah mengenalnya hampir 2 tahun karena beliau sering bulak-balik untuk mengunjungi beberapa nasabah di daerah tempat saya bekerja. memang dulu saya sempat di tawarin untuk menjadi nasabahnya Cuma karna pada saat itu masih belum pede karena alasannya adalah mau menikmati hasil penghasilan sendiri tanpa ada yang menggangu,  salah satu nya membayar asuransi  yang sebenarnya sangat bagus  kedepannya untuk kita sendiri hihihi tapi mau dikata apalah  anak muda ini kebanyakan kepengen belanja ini itu , maklum udah punya uang sendiri jadi gak pernah merasa bersalah kalo beli sesuatu tanpa ijin orang tua hahaha.
Buku tabungan yang selalu penuh warna dan catatan 
Hampir setahun setiap gajian cair pasti saya langsung cek online shop atau datang ke mall dekat rumah untuk beli sesuatu yang kadang beli barang nya bukan barang yang di perluin banget hanya sekedar untuk lapar mata saja dan finally uangnya langsung habis meskipun masih tanggal muda. Dan di tahun ke2 kerja saya memutuskan untuk mulai berjanji sama diri sendiri untuk memulai menabung dan hasilnya adalah 20persen berhasil dan 80 persennya lagi gagal hahaha, Kebanyakan gagalnya sih hihih.

Jadi pertengahan tahun 2016 dimana saya ternyata sudah hampir 2.5tahun bekerja hahah dan di bulan agustus kemarin akhirnya saya resmi untuk menyisihkan uang saya untuk disimpan via  asuransi tersebut setelah si mba agen tersebut menjelaskan panjang lebar ( lagi dan lagi)  tentang asuransi yang dia pegang (saya ikut bukan karna kasian sama si mba agen yang sudah mnjelaskan panjang lebar dan  paksaan dari si mba agen tersebut ya, sebelum memutuskan ikut asuransi memang saya sudah pikirkan dengan matang , konsultasi dengan teman yang sudah punya asuransi dan pastinya konsultasi sama orang tua saya ) , memang ternayata manfaatnya sangat baik #barusadardohh  untuk kita depannya , jaga-jaga kalau tiba-tiba kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan atau  pensiun dini apalagi saya sebagai perempuan yang pasti ada waktunya ketika sudah berkeluarga nanti tidak bisa 100% kerja terus kan.

So, Semenjak punya asuransi saya merasa punya tanggung jawab terhadap keuangan saya sendiri dan membuat  saya jadi lebih berbenah diri untuk mengelola keuangan , menahan segala keinginan yang gak perlu, bahkan sekarang saya sudah jarang banget beli makeup kits, kalau dulu bisa seminggu sekali , mungkin sekarang akan beli kalo memang makeup saya sudah habis, sedih sih tapi mau gimana, harus berhemat dulu hiks. Di awal bulan ketika gajian saya mencacat hal wajib apa  yang harus saya bayar misalkan menyisihkan 10% dari gaji saya untuk post tabungan utama trus bayar premi asuransi atau Hutang-hutang yang saya miliki hihih dan sisanya saya sisihkan kembali ke beberapa tabungan seperti tabungan untuk biaya hidup satu atau dua bulan kedepan, tabungan untuk hal-hal dadakan  atau tabungan untuk liburan (kalau sempet liburan) atau mau beli sesuatu(seperti makeup ).

memang sulit tapi kalau sudah terbiasa pasti mudah, untuk sekarang sih saya masih belajar menabung agar kedepannya hidup saya terbebas dari beban-beban finansial. Toh nantinya kan buat kita juga, jadi ayoo menabung .



Thanks For Reading

Xoxo
Gita Amalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar